Mengelola uang melalui smartphone semakin populer di dunia digital. Dunia bergerak menuju masyarakat tanpa uang tunai di mana tidak ada yang memerlukan mata uang fisik untuk membeli barang atau mengirim uang.
Negara-negara seperti Myanmar, di mana memiliki kartu sim adalah urusan mahal seharga $5.000 pada tahun 2000, telah mencapai tingkat langganan seluler sebesar 135% dari seluruh populasi mereka. Menanggapi pertumbuhan tingkat adopsi seluler, tingkat adopsi pembayaran digital negara itu mencapai 80% pada 2019. Sebaliknya, hanya 1% pada 2016.
Visa mensurvei 504 orang di Myanmar di seluruh wilayah Pathein, Yangon, Magway, dan Mandalay pada Sep 2018. Survei menemukan bahwa hingga 60% pelanggan DompetDigital.info membayar melalui opsi pembayaran tanpa uang tunai saat membeli barang di supermarket dan hypermarket.
Tinjauan pasar untuk dompet seluler di Myanmar
Myanmar menghadirkan lingkungan bisnis yang ideal untuk dompet digital:
Penetrasi perbankan tradisional masih dangkal di Myanmar. Hanya 26% orang dewasa di Myanmar yang memiliki rekening di lembaga keuangan, yang sangat rendah dibandingkan dengan rata-rata rata-rata 49% untuk negara tetangga.
Sirkulasi mata uang di Myanmar adalah 21% dari M2, yang lebih dari dua kali lipat dari apa yang ditemukan di negara-negara sejenis, di mana umumnya sekitar 10%. (Bingung tentang apa itu M2? Berikut definisi sederhananya: M2 adalah nilai kasar total aset keuangan yang dimiliki terutama oleh rumah tangga. Ini termasuk uang tunai, deposito, dan investasi)
Tingkat langganan seluler mencapai 135% dari seluruh populasi mereka, yang menunjukkan bahwa ada potensi besar untuk industri pembayaran digital di Myanmar.
Bank, telekomunikasi, dan operator independen memegang saham di pasar pembayaran digital Myanmar
Hingga saat ini, Bank Sentral Myanmar hanya melisensikan lima lembaga non-perbankan untuk menawarkan layanan keuangan seluler, yang sangat kecil jika dibandingkan dengan negara tetangga, Vietnam, di mana bank negara telah mengeluarkan 33 lisensi. Lima pemain di ruang pembayaran digital Myanmar adalah Wave Money, OK$, M-Pitesan, My Money, dan MPT Money.
Terlepas dari lima lembaga non-keuangan ini, bank-bank komersial Myanmar juga menawarkan layanan keuangan seluler, dengan beberapa di antaranya memiliki e-wallet. Misalnya, CB Bank memiliki CB Pay, Ongo bermitra dengan MOB Bank, dan KBZ Bank memiliki KBZ Pay.
Sumber: Penelitian Tellimer
Fitur untuk dompet seluler di Myanmar
Dengan mengingat skenario pasar Myanmar saat ini, fitur apa saja yang harus dimasukkan oleh aplikasi dompet seluler di Myanmar? Berikut adalah beberapa fitur penting untuk aplikasi dompet seluler di Myanmar:
Pembayaran intra-dompet instan
Dompet seluler Anda harus mampu mentransfer uang antara dompet pembayar ke dompet penerima pembayaran secara instan. Pelanggan Anda tidak akan bergantung pada dompet seluler Anda jika perlu berjam-jam atau berhari-hari untuk menyelesaikan pembayaran.
Pembayaran instan adalah salah satu karakteristik inti dari e-wallet. Tidak ada ruang untuk kesalahan saat pelanggan Anda berada di toko mencoba melakukan pembayaran untuk barang yang baru saja mereka pilih. Di dunia tanpa uang tunai, pengalaman pembayaran harus semulus saat pelanggan membayar melalui uang tunai.
Pembayaran dari dan ke rekening bank
Dompet seluler harus memfasilitasi kemampuan untuk melakukan transfer uang langsung dari rekening bank pembayar. Penerima pembayaran harus memiliki opsi untuk menerima uang baik ke rekening bank atau dompet mereka. Transfer bank ke bank juga mencakup akun pengguna di bank yang sama, serta akun orang lain di bank yang berbeda.
Pemilik dompet harus diberikan berbagai opsi pembayaran saat mengirim atau menerima uang. Opsi harus satu ketukan kapan pun dan di mana pun pengguna berada dalam antarmuka aplikasi.
Pembayaran Tagihan
Dompet seluler modern bukan hanya tentang melakukan pembayaran dari orang ke orang; mereka juga harus dapat membantu pengguna membayar tagihan utilitas, hipotek, pembayaran pinjaman, sewa, uang sekolah, dll.
Karena uang digital menjadi semakin populer, dompet seluler tidak hanya akan menggantikan metode pembayaran konvensional, tetapi juga memberi pengguna kemudahan untuk melakukan pembayaran dengan mudah – baik itu prabayar atau pascabayar.
Manajemen kartu fisik dan virtual
Dompet digital dapat dengan aman menyimpan data kartu debit/kredit pengguna, yang digunakan untuk melakukan pembayaran digital dengan lancar. Dengan begitu, pengguna tidak perlu memasukkan detail kartu setiap kali ingin melakukan pembayaran. Detail kartu pengguna dapat disimpan di ruang sentral di dalam dompet seluler.
Selain itu, menyimpan detail kartu di dompet ponsel lebih aman daripada membawa mobil fisik